Pangkogabwilhan Kunjungi III Koarmada III: Penanganan Papua Sesuai Perundangan

Gambar Gravatar

*Pangkogabwilhan III Kunjungi Koarmada III: Penanganan Papua Sesuai Perundangan*

SORONG, HorizontalNews | Penkogab3–“Tugas TNI di wilayah Papua Barat, Papua dan Maluku adalah membantu Pemda dalam rangka tetap menjaga stabilitas keamanan dan mendukung percepatan Pembangunan sesuai Inpres RI No 9 Th 2020, kegiatannya adalah binter dan komsos, dan ini yang harus kita jabarkan, karena statusnya tertib sipil, pimpinannya, otoritasnya adalah Gubernur”.

Bacaan Lainnya
Seluruh Staff Media HorizontalNews mengucapkan : Selamat Hari Bhayangkara ke 78 Th

Demikian dikatakan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E, M.Tr. (Han) saat memberikan pengarahan kepada jajaran TNI di Koarmada III Katapop Kabupaten Sorong, Papua Barat. Selasa (15/3/2022).

Lebih lanjut Pangkogabwilhan III mengatakan walau saat ini metode yang dilakukan adalah binter dengan pendekatan komsos, namun tetap waspada dan harus selalu memperhatikan pengamanan setiap melakukan kegiatan

“Kalau ada ancaman terhadap masyarakat maupun aparat yang melaksanakan tugas, mengancam keselamatan nyawanya, ada tembakan ya balas, jangan diam, ambil langkah-langkah yang terukur, ambil tindakan tegas jangan ragu-ragu, dia jual kita beli…!!! Tapi berhitung waspada jangan terpancing, sehingga tidak terjadi korban yang sia-sia baik di pihak masyarakat termasuk pihak TNI sendiri,” tegas Letjen Nyoman Cantiasa.

“Kegiatan binter ini bagaimana kita harus membina, mendampingi bahkan mengawasi program Pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat karena ada ruang-ruang kosong belum terisi. Kegiatan binter ini juga kita harus menjadi solusi permasalahan di masyarakat dan kita harus bisa merebut hati, perasaan serta pikiran masyarakat Papua agar tidak terpengaruh kelompok-kelompok yang berseberangan dan mempunyai pemahaman keliru,” lanjutnya.

“Prajurit dalam melaksanakan tugas harus sesuai ketentuan jangan suka memanipulasi taktis,” pungkasnya

Dalam kunjungan kerja tersebut, Pangkogabwilhan III menerima paparan dari Panglima Koarmada III dan Komandan Korem 181/ PVT di Ruang Rapat Koarmada III. Pangkoarmada III menyampaikan gambaran, kondisi dan pelaksanaan tugas di wilayah kerja Koarmada III.

Sebagai Kotama Operasi, Koarmada III mempunyai tugas pokok Menyelenggarakan operasi intelijen maritim guna mendukung pelaksanaan operasi laut, Menyelenggarakan operasi tempur laut dalam rangka OMP (Operasi Militer Perang) baik operasi gabungan maupun mandiri, Menyelenggarakan OMSP (Operasi Militer Selain Perang) baik berupa operasi laut sehari-hari maupun operasi keamanan laut di wilayahnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI, dalam rangka tetap tegaknya kedaulatan NKRI di wilayah Timur Indonesia.

• Red

Komentar Facebook

Pos terkait